Watu Pinawetengan (Minahasa); Saksi Bisu Pembagian Suku-suku Minahasa

Akhirnya! Sejak kunjungan pertamaku ke Manado beberapa tahun lalu benernya aku udah ngarep datangi situs-situs bersejarahnya. Namun baru kali ini deh kesampean. Dari gambar hasil Googling, sepertinya situs Watu Pinawetengan engga seperti yang aku harapkan sih (aku kan suka batu…

Share
Kacang Kawangkoan (Kawangkoan/ Minahasa); Oleh-Oleh Khas Kawangkoan

Sudah jauh-jauh ke Kawangkoan, sayang kan kalo engga bawa papan sebagai oleh-oleh? Disepanjang jalan, biasanya ada banyak penal jajanan traditional/ buah lokal. Seperti ini, misalnya: Share

Share
Rumah Kopi Gembira (Kawangkoan/ Minahasa); Terkenal Banget Nih!

Sehari sebelumnya, kawan Mami ribut memaksakan diri ke Kawangkoan hanya untuk nyereput kopi yang konon terkenal itu. Sayang, ‘niat mulia’ itu terpaksa dibatalkan karena kita-kita kudu datang kesebuah acara makan malam bersama, sedangkan saat itu hari sudah menjelang senja. Keesokan…

Share
Goa Jepang Kawangkoan (Kawangkoan/ Minahasa); Kondisinya Terancam, Nih!

Dalam perjalan meninggalkan Danau Linou/ Linouw menuju Kawangkoan, aku menjumpai sebuah tebing batu yang digali hingga membentuk ceruk. Sebuah papan nama yang dihias karat menjawab pertanyaan di kepalaku. Ini adalah Goa Jepang Kawangkoan! Share

Share
Danau Linow/ Linouw (Tomohon); Danau 3 Warna

Sebenarnya, aku berencana menuju Danau Tondano lagi (setelah bertahun-tahun tidak kesana), namun karena saat itu cuaca kurang mendukung dan hari sudah makin sore, maka terpaksa aku kudu memilih antara Danau Tondano dan Danau Linow/ Linouw di Tomohon. Dan seperti yang…

Share