Rujak Manis Ananas Pak Bejo (Malang); Rujak Manis dan Burger Tahu <3

Summer time! Saatnya merapat ke penjual rujak buah (dan penjual es kelapa) haha :p. Buat yang di Malang, merapatnya kesini aja: Rujak Manis Ananas Pak Bejo, di Jalan Ananas, Malang:

Dari belasan tahun jualannya di tempat yang sama (dibawah papan nama jalan tuh):

Dan tempat ini rame, tanpa kenal musim! Mau musim hujan, bahkan bulan puasa sekali pun tetap saja ramai dan pakai antri (walau di bulan puasa antrinya rada lebih manusiawi):

Menurutku, penjualnya rada judes (si Ibu apalagiii hahaha *sorry*) tapi baik hati dan tidak sombong. Pesan semau kamu (mau & ga mau buah apa, nambah bawang putih/ engga, dll):

Abis pesan, ya silakan duduk semanis mungkin, menanti dengan penuh kesabaran, sampai Rujak Manis-nya datanggg.. *hooray!*:

Ini porsi normal engga pake rewel (biasanya aku rewel kalo beli rujak beginian), jadi semua buah yang mereka punya, ada di piring. Waktu itu aku kebagian nanas, melon, papaya muda, belimbing, timun, bengkoang, mangga muda. Kalo lagi beruntung, kalian akan dapat kesemek, nangka dan jambu juga (tergantung musim). Oh ya, di Malang tuh rujak manis pake tahu goreng (di beberapa penjual rujak di Surabaya juga pake tahu goreng).

Buahnya nyenengin, bersih, potongannya besar dan yang bikin nagih tuh bumbu rujaknya ini:

Tempat ini tuh unik, dia kasih banyak bawang putih goreng di bumbu rujaknya. Beberapa penjual rujak di Malang emang pake bawang putih goreng, tapi diuleg bareng kacang, gula dan air asam. Lha yang ini, bawang putihnya nampang secara vulgar dan blak-blakan:

Enak!

Manisnya tuh asik, kacangnya halus (aslinya aku prefer yang digerus kasar saja), bawang putihnya kriuk dan enak dimakan bareng bumbu rujak dan buahnya. Apalagi kalo pake kerupuk pisan *perfect*:

Oh ya, karena bumbu rujak dan bawangnya yang aduhai itu enak dimakan dengan tahu, maka terciptalah Burger Tahu dengan wujud seperti ini:

Tahu goreng dibelah dan diberi bawang putih goreng plus bumbu rujak, disajikan begitu saja. Enak! Aku yang jarang suka tahu saja, menikmati burger yang satu ini wkwkw.

Btw, semua bumbu yang diberikan pada rujak/ burger diserah-terimakan dalam keadaan tidak pedas. Di setiap meja makan, ada sambal yang bisa kalian campurkan sesuka kalian pada bumbu rujak (sst, lumayan pedas ini, jadi jangan langsung naruh banyak):

Kalau doyan banget dengan bumbu rujaknya, nih.. ada kemasan plastiknya, seharga Rp. 30rb/ botol, yang bisa untuk beberapa porsi (tanpa bawang putih goreng dan sambal yak):

Ini bumbu rujak untuk yang bungkus rujaknya:

Buka setiap jari, jam 10.30am – 3.30pm (tidak disarankan datang lebih dari jam 2pm: seringnya udah banyak yang abis). Rekomen!

Share

Post to Twitter