Warung Leko (Surabaya); Spesialis Iga

Di awal ngeblog di domain ini, aku sudah pernah nulis soal Warung Leko sih, tapi tentu saja tuh tulisan sudah layak untuk diperbarui haha! Dan ini, Leko yang di Jalan Manyar Kertoarjo V/9, Surabaya:

P1110519 copya

Tempat ini laris manis; kaya gula dirubung semut gitu deh. Pada jam-jam tertentu bahkan ada beberapa orang yang rela berdiri diluar, antri untuk mendapatkan tempat makan:

P1110521 copy

Dan sekarang, lokasinya malah (sudah lama) meluas ke samping:

P1110520 copy

Menunya? Monggo dibaca (btw nih menu aku foto di awal 2016 ya, mungkin saat ini sudah ada perubahan harga?):

P1110496 copy P1110498 copy P1110499 copya P1110500 copy P1110501 copy P1110502 copy P1110503 copy P1110504 copyP1110513 copy P1110505 copy P1110506 copy P1110507 copy P1110508 copy P1110509 copy P1110510 copy P1110511 copy P1110512 copy

Tempat ini sejak pertama kali buka, terkenal dengan menu iga sapinya. Begitu terkenalnya, sampai kemudian entah ada berapa banyak tempat makan yang ikut-ikutan menyediakan menu iga sapi (termasuk Bu Kris lho). Jadi, tentu saja kudu pesan seporsi iga kalo ke Leko. Masalahnya nih, ada beberapa pilihan iga penyet di tempat ini: Iga Penyet/ Iga Goreng, Iga + Otot (penyet/ goreng), Iga Goreng Tepung (penyet/ goreng), Iga Goreng + Otot Goreng Tepung (penyet/ goreng). Nah lo!

Aku akhirnya memesan Iga Goreng Tepung Penyet, yang penampilannya cakep banget dah:

P1110523 copy

Ada 3 potong iga (tulangnya udah dipotong kok, jadi engga mirip iga yang di sop konro :p) yang dagingnya berbalut tepung kecoklatan, disajikan diatas hamparan sambal merah merona. Ada lalapan sederhana (timun, kol dan daun kemangi) dan taburan bawang putih goreng krenyes diatas iga. Nah, yang pake kawat gigi, yang giginya sering berguncang tanpa ada sebab musabab, tenang.. Disini iganya bener-bener ramah ama gigi. Engga ada adegan tarik ulur *eits*, apalagi sampe bikin gigi rompal. Sambalnya OK lah, khas Warung Leko banget dan merahhh (walau kalian pesan versi ga pedasnya sekalipun). Oh ya, soal tingkat kepedasan: request saat pesan ya!

Benernya ada 1 menu yang cocok banget untuk jadi teman makan Iga Goreng Tepung Penyet-ku, namanya Sup Iga. Ada 3 varian tuh, Sup Iga, Sup Iga + Otot, Sup Iga + Sum Sum. Aku sangat merekomendasikan sup-nya. Kuahnya sedikit keruh dengan potongan iga/ otot yang empuk, sum-sumnya pun gurih. Nanti ditempat terpisah bakalan ada sambal, potongan jeruk nipis, rajangan daun bawang dan bawang goreng yang disajikan terpisah (jadi kalian bisa racik sendiri).

Ini versi Sup Iga + Sum Sum, ya:

P1190854 copyP1190858 copy

Berita baiknya, kalo kalian khawatir kekenyangan, Warung Leko menyediakan kuah Sup Iga-nya for free! Minta aja yah, engga ada di buku menu tuh.

Trus, bagi yang engga doyan sapi, Warung Leko punya beberapa menu lain kan.. Nah, salah satunya ya Ayam Penyet ini:

P1110522 copy

Standar lah ya, ayam goreng biasa dengan sambal, lalapan dan taburan bawang putih. Buatku sih, ‘rugi’ kalo pesan ayam di Warung Leko haha! Ke Warung Leko ya harusnya pesan iga, titik :p.

Btw selain di Manyar, ada Warung Leko juga ada di Jalan H.R. Muhammad – Ruko Surya Inti B2, Surabaya.

Share

Post to Twitter