Lan Hua (Surabaya); Dim Sum di Mercure Grand Mirama Hotel

Aku tuh doyan dim sum. Ya makanannya, ya suasananya (aku kayanya beberapa kali bilang secara konstan kalo aku penikmat suasana sarapan).

Nah, kali ini aku cobain dim sum di MERCURE GRAND MIRAMA HOTEL, JALAN RAYA DARMO 68-788, SURABAYA.

Nama restonya LAN HUA. Posisinya di kiri pintu masuk (jalan saya mengikuti koridor pendek dan kalian pasti akan bertemu dengan Lan Hua).

Aku engga foto suasana tempat makannya, karena ramai. Ruangannya tidak berubah sejak beberapa tahun lalu dengan beberapa meja bundar dan taplak kain merah.

Tidak ada tray makanan berkeliling diantara kita. Aku dipaksa membaca tulisan kecil-kecil ini untuk memesan makanan. Aku sempat merasa malas, karena huruf-huruf ini kecil dan panjang *pemalas!*, tapi begitulah cara pesannya. Engga ada jalan lain. Maka aku pun memaksa mataku membaca deretan huruf ini & memberi tanda centang (harusnya: menulis angka di kotak2 kecil itu <— lha aku engga ngeh, haha!):

Tapi kalo hari Minggu, ada 1 tray kecil berisi makanan khusus yang engga ada di daftar menu:

Aku ambil beberapa dari tray ini. Misalnya, BABI PANGGANG:

Bukan favoritku. Kulitnya engga terlalu kriuk, trus disajiin gitu saja tanpa sambal/ taoco.

Dan BAKPAO PANGGANG ini:

Yang ini biasa aja buatku. Mirip roti sih, dalamnya cha siu (haram!), tapi biasa aja.

Ga lama, makanan yang aku pesan dari menu pun datang. Ini, STEAMED PORK RIBS WITH GARLIC (PAIKUT TIM BAWANG PUTIH):

Nah yang ini gurih-gurih ada manisnya dikit gitu. Jelas-jelas ini haram ya sodara-sodara dan menu ini engga pernah absen dari mejaku, especially kalo ada Mami ikut makan.

STEAMED CUSTARD BUN (TIM BAKPAO CUSTARD):

Ini bakpao eeeenak! Sekilas mengingatkan dengan bakpao yang biasa aku makan di Thailand sana, wkwk.. Bakpaonya kecil saja dan isinya manis gitu. Enak banget, dah.. apalagi kalo dimakan dalam kondisi hangat :).

STEAMED RICE FLOUR WITH CHA SEW (CHANG GEN CHA SIU):

Ini gara-gara aku gagal move on dari Han Palace.

Di Han Palace, Chao Fan-nya jawara banget. Sejak makan, aku jadi doyan Chao Fan banget (sebelumnya biasa aja). Dan menu ini di Lan Hua, engga cocok buat aku haha. Hmm, yang ini bumbunya terlalu pekat dan isinya ga banget deh kalo buatku :p.

STEAMED CHICKEN FEET (CAKAR AYAM TIM):

Ah yang ini kesukaan nyokap dan aku engga icip.

DEEP FRIED SHRIMP DUMPLING (PANGSIT GORENG DENGAN UDANG):

Duh, makanan model gini tuh kesukaanku banget (yang seharusnya engga dimakan karena lagi diet: ini ada karbo, gorengan pula plus pake mayo yang sudah dicampur dengan susu kental manis yang ingredientsnya gulaaaa tok itu, haha!).

Udangnya engga manis. Manisnya didapat dari mayo dan susu kental manis. Trus, udah manis gitu, ketemu kulit pangsit yang gurih, kriuk. Ya cocok, lah!

Di setiap meja makan, ada sambal & tomat botolan (juga kecap asin). Indonesia banget! Aku kalo makan pizza yang tipis dan chinese food, engga pernah mau pake sambal & tomat botolan.. Simply karena menurutku engga cocok buat lidahku..

Oh ya, aku ada pesan BUBUR AYAM dan enak! Encer, gurih dan menyenangkan aja buat sarapan (pada dasarnya aku emang doyan bubur). Aku keburu makan tuh bubur sebelum foto, jadi foto buburnya engga ada haha :p.

Secara keseluruhan, menurutku tempat ini paling OK buat dimsum disekitar Surabaya Timur deh (ayo kalo kalian ada tempat lain, kasih rekomendasi!). Kata temen sih, dimsum di Sheraton OK juga tapi saat ini (bulan Agustus) kayanya tuh hotel lagi renov, jadi aku males kesana. Ntar aja nunggu selesai renov :).

Pelayanannya biasa saja, tempatnya juga engga mewah-mewah amat walau lokasi tempat makannya di hotel. Ada promo discount 50% setiap hari (halah, ini mah bukan diskonan, tapi emang harganya segitu haha!) dan ada tambahan 10% kalo bayar dengan Ovo.