Pangsit Mie Ujung Pandang Kedungdoro (Surabaya); Jawara!

Aah, yang satu ini sudah terkenal seantero jagad Surabaya. MIE UJUNG PANDANG (UP) KEDUNGDORO! Lokasinya sedari dulu di deretan PKL di JALAN KEDUNGDORO 33 – 35 – 37, SURABAYA.

Ini PKL lho ya, kalo ujan ya basah, kalo kering suasananya sedikit lebih nyaman tapi tetap saja akan ada kucing lewat, tissue berserakan di lantai, dll:

Tempat ini juga raaame terus sampe tengah malam! Foto diats tuh foto saat jam 9 pm lho, rek. Disaat sebagian orang sudah tidur, ehh.. masih ada segitu banyak yang makan malam, hehe.

Dan kalau bicara soal Mie UP, yang satu ini emang layak dibelani..

Yang ‘menyebalkan’ disini, porsi besarnya cuma beda seribu dengan porsi kecilnya haha! Beda sizenya 1/2 porsi. Tuh foto diatas, PANGSIT MIE UJUNG PANDANG – BESAR.

Pangsit mie-nya disajikan dengan semangkok kecil kuah kaldu dengan selada dan rajangan daun bawang. Tasty banget (dan tentu engga bebas MSG, haha!).

Mie-nya empuk, matangnya pas dan dibumbui, kemudian diberi topping bersimpah dosa dunia kolesterol: ayam rebus (ala Hainan tuh) dan chasio (babi panggang chasio):

Jadi, Mie UP emang engga halal. Kalo kalian mau versi halalnya, kalian bisa request toppingnya ayam aja TAPI aku engga jamin peralatan racik mie/ minyaknya bebas babi.

Kembali soal mie-nya: kombinasi mie, bumbu mie dan toppingnya iniloh asli jempolan. Manis, gurih, kenyalnya mie, tekstur dagingnya, jadi satu kesatuan ciamik.

Tambahkan sambalnya yang khas Makassar sono (orange, encer tapi pedas ituloh) dan kuah kaldu, lalu lupakan diet. Wes, sesekali senangkan diri kalian wkwkw!

Trus, aku iseng pesan NASI CAP CAY:

Eeh ini surprisingly enak loh!!

Aku udah engga ada ekspektasi apapun karena tempat ini kan identik banget dengan mie, sedangkan yang aku pesan adalah menu anyar, nasi pula. Tapi ternyata enak!

Jadi, nasi cap cay-nya tuh porsinya juga gede (buat cewe bisa buat makan berdua). Cap caynya enak, gurih kan. Trus chasio-nya dirajang tipis dan cukup banyak, rasanya cenderung ke manis. Asik dah.

Yang ini TAMIE CAP CAY:

Yang ini engga sesuai imajinasi sih, aku dan kawan2ku ngarep dapet mie yang tipisss-tipis itu. Eeh, dapetnya yang gede, kuning. Tapi ya sudahlah, tetap enak sih dan toppingnya emang aduhai yah!

Eh, btw kok ada Nasi Cap Cay, Tamie Cap Cay, bahkan Nasi Goreng segala? Yeah, karena beberapa tahun belakangan ini mereka nambah menu jadi selengkap ini:

Menarik!