Kue Lumpur Galaxy (Surabaya); Ga Usah Jauh-Jauh ke Sidoarjo

Melengkapi tour kue lumpur di Sidoarjo beberapa waktu yang lalu, aku ke KUE LUMPUR GALAXY, JALAN NGAGEL JAYA SELATAN 22, SURABAYA:

Tempat jualannya kecil saja, tapi di bagian depannya nampak banget kesibukan orang bikin kue lumpur. Dan cara bikinnya semi modern. Kenapa gitu? Karena mereka sudah pakai kompor gas untuk menaskan cetakan kue lumpur bagian bawah. Lalu bagian atasnya, masih pakai ’ember’ isi arang seperti ini (sama seperti yang di Sidoarjo):

Proses bikinnya sama aja kok, adonan kue lumpur tuang kedalam cetakan panas dengan api dari bawah, kemudian ditutup denganĀ ’ember’ isi arang agar bagian atasnya juga matang dan bisa melembung.

Lihat nih, kue lumpurnya kaya dome gitu bentuknya, saat baru matang:

Nah, saat adonan diangkat, si kue lumpur semua dipencet sehingga dome-nya kempes, meninggalkan wujud keriput kaya gini nih:

Kue lumpur yang ini menurutku lebih cantik, bagian atasnya engga banyak gosongnya (aku lebih suka gitu) dan baunya wangiiii.. kaya kue dengan butter yang abis dipanggang, wanginya.

Tekturnya engga sampe leleh-leleh gitu (aku engga suka kue lumpur yang masih kaya lumpur bagian tengahnya :p). Waktu beli, hanya ada varian ori dan degan yang ready, tapi yang degan dikit banget ya. Dalam 1 kue, aku cuma dapat 1 gigit saja degannya.. Mungkin kurang hoki aja ya? Haha..

Btw, harganya berapa? Hmm,