Layar (Surabaya); Resto Baru!

LAYAR lagi?

Iya, tapi ini yang di tempat barunya, di JALAN ABDUL WAHAB SIAMIN (VILLA BUKITMAS), SURABAYA (sisi kiri jalan kalau dari Jalan Mayjend Sungkono):

Di tempat yang baru, bagian aquarium ditata dengan baik dan masuk ke bagian dalam bangunan (jadi bukan di bagian teras). Posisinya masih di bagian depan tempat makan, kalian juga tetap dibebaskan memilih ikan/ kerang/ kepiting..

Ini enterance ke ruang makan..

Ini salah satu ruangan di lantai dasar:

Ini ruang makan lainnya. Yang dibatasi dengan pintu ukiran kayu, sepertinya adalah ruang VIP (dengan 1 meja panjang saja):

Engga banyak yang aku foto, karena keasikan ngobrol (hampir semua foto ini aku ambil cuma dari kursi tempatku duduk haha :p)..

Oh ya, sama seperti di Raya Manyar, Layar disini punya 2 lantai dan pakai lift kok. Jadi engga pake adegan naik turun tangga. Anggota keluarga yang sampun sepuh atau malas gerak seperti aku, bakal sangat dimudahkan dengan adanya fasilitas lift ini..

Berikut ini adalah daftar menu Layar, per akhir November 2018:

Buku menunya sama persis dengan cabang lain di Surabaya.

Nah, karena kali ini pergi makan dengan beberapa kawan Mami yang berasal dari luar pulau, maka makanannya rada beda dari yang biasanya aku/ kawanku pesan..

Yang ini, aku engga tahu apa namanya..

Menu yang engga pernah absen dari meja makanku adalah CUMI GORENG TEPUNG:

Biasanya, kalo aku pesan ini, bakal aku makan dengan Saus Padang dari masakan lain haha! Cobain deh cara makanku :p.

Cuminya selalu empuk, engga pernah disajikan alot. Tepungnya crunchy dan porsinya cukup membahagiakan untuk dimakan berdua..

KEPITING TELUR ASIN salah satu menu wajib kalo makan di Layar, ya (walau aku benernya lebih prefer Saus Padang untuk Kepiting Rebus & Saus Telur Asin untuk Kepiting Soka):

Nah, kalau biasanya aku pesan Kerang Hijau Saus Padang, kali ini kita pesan yang KERANG BATIK SAUS PADANG:

Cangkang kerangnya masih terbuka semua (tanda bahwa kerang masih hidup saat direbus) dan dagingnya kecil, kenyal, segar. Cocok sekali, dimakan dengan Saus Padang. Kalau engga ingat kudu batasi konsumsi kerang, mungkin seporsi bisa aku makan habis haha!

Benernya masih ada 2-3 menu lagi, engga kefoto: IKAN KERAPU, UDANG GORENG GANDUM, TAHU RENYAH, dll.

Dari 3 menu yang engga kefoto itu, si TAHU RENYAH adalah yang kurang bisa aku nikmati. Rasa tahunya terlalu tahu (nah kan, bingung gak haha :p). Aku sudah coba makan dengan beberapa saus, tapi tetap berasa tahu. Jadi ya sudahlah.

Lainnya, semua OK. Kerapunya baik, udangnya besar dan manis. Aduh, gak ada complainnya lahhh..

Benernya, kalo bicara soal seafood, orang Surabaya kayanya sudah terbuai dengan rasa masakan dan servis dari Layar. Biar pun ada beberapa resto seafood lain, tapi ujung-ujungnya pasti bakalan balik lagi ke Layar.

Lihat juga, berapa banyak resto seafood yang bisa bertahan di Surabaya. Yang paling bertahan memang ada beberapa, tapi yang membesar cuma Layar.

Biarpun komen ini kesannya mainstream, tapi apa adanya. Aku sendiri sudah lihat sendiri, bagaimana servis mereka terhadap yang complain. Dan bagaimana konsistennya rasa masakan yang disajikan.

Jadi sebenarnya, review terhadap makanan Layar tuh engga perlu diulang, daftar menu pun jarang ganti (harga). Tapi yang ini, mau kasih lihat aja resto terbarunya Layar :).