Sentosa Seafood Market (Surabaya); Eh, Enak Enak Nih!

Aku terima beberapa DM belakangan ini, tanyain tempat makan bernama SENTOSA SEAFOOD MARKET.

Hmm? Dimana ya itu.. Eh, pas lagi penasaran gitu, aku lewatin baca papan namanya haha, segitunya ya kalo alam kasih petunjuk (-__-“). Lokasinya tuh JALAN ARIEF RAHMAN HAKIM 60, SURABAYA. Dipojokan jalan, jadi lumayan eye catching dan pasti bisa kalian temukan lah.

Dulu, lokasi Sentosa Seafood Market ini bengkel variasi mobil. Kini lantai 1-nya dipakai untuk parkir dan tempat makannya tuh di lantai 2. Ada lift kok, tapi kalo mau bakar kalori dikit bisa juga naik tangga hehe..

Tempatnya resik, terang, full AC, non smoking. Walau resto seafood, engga ada bau bahari *yas!!*. Suka, deh!

Ini buku menunya ya:

Dan demi keamanan, akhirnya aku pesan makanan yang direkomendasi oleh Sentosa Seafood Market:

BELUT MASAK BAWANG.

CUMI BAKAR KECAP jadi menu berikutnya:

Cuminya empuk! Sama sekali engga alot. Trus disajikannya dengan kecap dan 2 macam sambal. Saranku, cobain makan dengan kecap doang. Lalu coba dengan sambal yang ada bawangnya (bukan yang merah). Rasanya langsung berbeda!

Yang satu ini, GURAME 2 RASA:

Saat aku ambil, kedua sambalnya sudah cenderung tercampur, jadi aku engga tahu bedanya sisi kiri dan sisi kanan (_ _”), hehe. OK aja sih, biasa. Dan aku lebih suka yang ini:

OK, secara penampilan emang engga cakep. Tapi KERAPU MACAN STEAM NYONYA ini sausnya eeenak sekaliii!!

Sausnya itu engga pernah aku jumpai di manapun. Kuning gitu, tapi bukan kare. Rasanya kaya ada jeruknya gitu, segar sekali! Tapi ada minusnya. Rasa daging ikan jadi kurang berasa, cuman aku engga keberatan sih haha :p. Seriously good!

Nah, yang satu ini menu favorit banyak orang:

UDANG VANAME GORENG SENTOSA. Kenapa aku bilang favorit? Karena awalnya cuma aku aja yang engga suka. Sampai aku ditanyain, kenapa kok bisa engga suka? Ya aku jawab aja, udangnya biasa.

Trus ada kawan yang belain bawa udangnya ke aku, trus suruh aku makan lagi haha! Dia juga comot satu, dimakan bareng kulitnya. Bahkan kepalanya pun dia makan!

Eh? Kok dimakan dengan kulit? Kalo aku sih kulitnya aku buang. Jadi aku icip si udang dengan kulitnya deh dannn… woh, OK, sepakat. Ini enak!! Jadi catat ya, makan dengan kulitnya :).

Yang ini, aku engga icip. Namanya, KERANG KAMPAK STEAM BAWANG PUTIH:

KEPITING SUPER SAUS PADANG:

Aku engga makan kepitingnya sih, malas bukainnya haha (_ _”), tapi Saus Padangnya OK sih ini. Beda dari Saus Padang di tempat lain, yang ini pake telur juga sausnya. Rich. Sausnya doang dimakan dengan nasi udah enak itu haha, kepitingnya juga engga kempos..

Sedari awal buka buku menu, yang ini adalah yang paling mencolok:

Namanya NASI GORENG KEPITING CABE HIJAU. Dan walau ada nama “cabe hijau” tapi engga pedas sama sekali, anak-anak pun bisa makan lah ini.

Kepitingnya beneran ada kok, engga abal-abal apalagi cuma tokoh khayalan. Dimakan gitu aja tanpa lauk, sudah enak. Saranku makanlah selagi panas!

Yang ini kesukaan Mamiku, BIHUN GORENG SEAFOOD:

Bihunnya tuh enak, engga lembek, rasanya asik aja. Engga monoton manis, yang ini ada gurihnya juga deh. Seafoodnya sepertinya baru sebentar pisah dari laut, karena engga bau/ alot, bahkan udangnya masih terasa manis.

Aku yang biasanya engga suka bihun, doyan yang ini!

Btw, lihat ini deh:

Sambalnya cantik banget warnanyaaa!!

Pas lagi amati, aku didatangi seseorang (ownernya?), nunjuk sambal ini sambil bilang “Ini sambal matahnya beda, cobain”.

Aku coba, lah. Eh, ini sih benernya sama sekali bukan sambal matah. Buatku lebih mirip sambal Thailand, yang pakai kecap ikan, jeruk, dll. Segar banget! Jadi ada asam, sedikit kecut, manis, ah.. rame rasanya lah. Aku bayangin andai saja pesan udang rebus polosan, enak nih. Sayang, engga ada tempat buat nambah pesanan.

Minum? Hm, aku cuma pesan ES TEH TAWAR aja dan engga kefoto. Gelas jumbo! Jadi puas dah.