Es Puter Aneka Rasa Pak Min (Surabaya); Laris Tak Terbantahkan

Kalo bicara soal es puter, di Surabaya timur ada yang tenarnya cetar membahana kemana-mana. ES PUTER ANEKA RASA PAK MIN! Jualannya tuh cuma ngemper didepan ruko Trihamas Finance, JALAN MANYAR KERTOARJO V/ 35, SURABAYA.

Karena nebeng didepan kantor orang, Es Puter Aneka Rasa Pak Min baru bisa buka jam 5.30pm gitu dan sebelum buka nih, udah adaaa aja yang nungguin (kaya gini idaman pedagang banget, dah!). Trus begitu buka, stabil rame kruntelan sampai es habis..

FYI aja ya, kita datang jam 7pm nih, udah 3/4 es puter habis terjual. Dan jam 7.30pm SELALU sudah buyar, habis, ludes ga sisa. Pegawainya Pak Min udah bersih-bersih, trus jam 8pm mereka semua sudah menghilang tanpa jejak!

Namanya aja kan “Es Puter Aneka Rasa”, maka variannya banyak banget. Ada:

  • NANGKA
  • KELAPA MUDA
  • COKLAT
  • AVOCADO
  • DURIAN
  • KETAN HITAM

Aku foto 1 nih, yang NANGKA:

Lainnya engga ada foto-fotonya, karena orang-orang pada sibuk.

Ada 2 macam pilihan untuk membeli es puter. Beli dengan:

  • Cup
  • Piring

Kalo cup, menguntungkan banget secara ekonomi (suer!). Bayangin, 10-12 scoop, harganya cuma 15rb saja! Kalo mau pake roti dan mutiara pun bisa, ntar biasanya roti dan mutiaranya bakal disisipkan ditengah tumpukan es puter & harganya tetap 15rb.

Kalo beli pake piring, dihitung harga per scoop 3rb (jatuhnya jauh lebih mahal kan).

Ini penampilan asli dan komplet dari versi piring:

Jadi aslinya pake mutiara tuh, juga roti tawar.

Foto pertama tuh rasa KELAPA MUDA, AVOCADO dan DURIAN.

Foto kedua, rasa KELAPA MUDA, AVOCADO dan KACANG IJO.

Ini rasa COKLATAVOCADO dan DURIAN:

 

Ini pesananku, KELAPA MUDA dan DURIAN:

Aku pakai roti tawar saja. Engga mau mutiara, dll.

Nih, malah ada yang pesan polosan aja, rasa NANGKA dan KETAN HITAM:

Review rasanya:

  • NANGKA: warnanya putih dengan potongan nangka, enak nih, favoritku!
  • KELAPA MUDA: warnanya pink, engga ada potongan kelapanya, agak terlalu manis kalo buatku (tapi aku kan sudah kurangi gula & mulai sering menemukan makanan-minuman yang buatku terlalu manis, tapi manis normal untuk orang lain)
  • COKLAT: biasanya aku engga suka coklat, tapi coklatnya es puter ini OK sih..
  • AVOCADO: warnanya hijau dan rasanya avocado banget! Kalo yang ini, aku engga bisa makan banyak, buatku ‘heavy’, tapi yang ini laris banget, termasuk yang paling cepat abis.
  • DURIAN: warnanya kuning muda, kemarin sih nampak kaya ada serat duriannya tapi engga banyak.
  • KETAN HITAM: warnanya hitam dengan campuran ketan hitam, aku engga icip.

Es-nya cukup lembut dan engga manis norak, engga bikin batuk.