Warung Ijo Mbak Prih (Sleman); Tempat Wajib Mampir

Aku sepertinya sudah 8 tahunan ini selalu ke Magelang, minimal 1x setahun. Untuk apa? Ke Candi Mendut (dan gilanya nih sampe sekarang aku engga bisa nulis apapun tentang Candi Mendut karena speechless dengan keindahan & pengalaman2ku disana haha!).

Seperti ritual, setiap kali aku ke Mendut dari Yogyakarta, aku selalu berhenti untuk makan dan istirahat (halah) di sebuah tempat makan bernama WARUNG IJO MBAK PRIH, JALAN MAGELANG KM 17, SLEMAN:

Tempat ini aku temukan engga sengaja sekitar 5-6 tahun lalu, karena Mami baca kata “brongkos”, makanan khas Sleman yang dulu Omaku suuuuka banget. Dan agar aku mengenal makanan yang dulu Omaku doyan, maka Mami minta mobil putar balik ke Warung Ijo Mbak Prih ini.

Tempat makannya rada gelap & mengalami pelebaran di bagian belakang (di belakang tempatnya lebih terang).

Btw, ini daftar menunya ya:

Pas aku terakhir ke tempat ini, mereka baru buka dan makanan yang ready belom banyak:

Btw, setelah sekian tahun ke Warung Ijo Mbak Prih, baru kali ini aku masuk ke dapurnya!

Surprised, ternyata mereka masih pake kayu bakarrr!!! Haha menyenangkan deh lihat dapur semacam ini (karena aku kelamaan tinggal di kota kali ya :p). Aroma kemana-mana banget deh, antara aroma kayu dan makanan. Duh, sedap..

Ini, makanan-makanan yang lagi di masak:

Beberapa yang sudah matang, dipindahkan ke panci bersih dan dibawa ke meja dekat kasir ituhhh. Dan dari sekian banyak makanan, aku cuma pesan BRONGKOS saja setiap kali kesana:

Makanan ini wujudnya mirip dengan rawon. Rasanya juga mirip rawon, cuma kuahnya lebih kuat dan rich, ada cabe yang dimasak bareng dengan daging dan kuah. Btw, kuahnya emang engga banyak seperti rawon gitu. Kuah brongkos ini benernya cuma kaya basahin nasi aja, itu sampe ada genangan karena aku request.

Dan ini kata Mamiku, ini rongkos yang ‘salah’ karena Brongkos tuh aslinya kudu ada belinjo, biji kedelai, dll. Nah, kebetulan aku emang kurang suka & selalu pesan Brongkos polosan gitu. Tapi saranku, cobain deh makanan ini dalam versi kompletnya. Ini makanan khas soalnya, bahkan buatku di Yogyakarta aja susah nemuin Brongkos loh.