Toko Tanjung (Sidoarjo); Oleh-Oleh Khas Sidoarjo

Di Jalan Mojopahit, Sidoarjo ada sederet toko oleh-oleh khas Sidoarjo (dan daerah sekitarnya). Dan dari sekian banyak toko, TOKO TANJUNG adalah yang paling rame (terutama saat weekend), sampai jalanan dibikin macet:

Tepatnya di JALAN MOJOPAHIT 60, SIDOARJO.

Toko yang buka dari 7.30am – 9pm ini emang lengkap banget jualannya. Dari petis, bandeng, kerupuk, kue kering, jajan pasar, apa saja ada. Mari lihat sendiri 2 (dari total 3) lorong yang ada di Toko Tanjung..

Dari sekian banyak barang yang diperdagangkan, yang paling dicari adalah produk serba Bandeng-nya. Yang paling laris, tentu saja BANDENG ASAP:

Bandengnya tuh dimasak dengan cara digantung, kemudian diasap hingga matang. Cari yang bandengnya berlemak, karena lemaknya bikin rasa bandengnya gurih, dagingnya pun berasa lebih moist.

Bandeng asap tuh bisa langsung dimakan (saranku dimakan dengan nasi). Dimakan begitu saja OK sih, tapi aslinya ada bumbu petis hitam yang ditaruh di botol seperti ini untuk dicocol:

Belakangan, Toko Tanjung mengeluarkan beberapa varian lain seperti BANDENG OTAK-OTAK GORENG:

Dan BANDENG OTAK-OTAK BAKAR:

Ini price list ikan bandengnya Toko Tanjung, per Mei 2018 ya:

Bandeng lainnya, jenis BANDENG PRESTO, tapi merknya lain:

Perhatiin tuh toples-toples plastik di rak paling bawah. Itu adalah deretan petis (petis ikan/ udang/ dll) khas Sidoarjo! Ada banyak banget macam dan harganya, beberapa diletakkan di keranjang-keranjang besar di lantai:

Kerupuk/ snacks? Terlalu banyak, bingung fotoinnya:

Ada juga aneka ikan asin (baaanyak banget dah jenis, ukuran, dll). Yang paling mencolok adalah IKAN JAMBAL ROTI karena sizenya aduhai banget nih, mencolok mata:

Bayangin, ikan asin segede gitu rek! Bisa makan bareng tetangga-adik-kakak-oom-tante-ponakan-pacar-suami-istri-selingkuhan (eh), haha dan engga abis-abis :p. Apalagi kalo makannya dengan sambal, hoho..

Eh, bicara soal sambal, ada nih SAMBAL BU RUDY:

Harganya lil’ bit pricey, lebih murah beli yang di Surabaya sih :p.

Nah, kelemahan toko ini adalah: PEMBAYARAN KUDU CASH. Pas terakhir ke Toko Tanjung, belanja ini itu dan kemudian sempat berkeringat dingin di depan kasir karena engga bawa banyak uang cash haha!

Kasirnya masih “jaman old”. Boro-boro cash register, mereka cuma pake kalkulator saja haha. Kueren!