Hacienda (Surabaya); Mexican Food

Tahukah kalian, bahwa rasanya aku dan beberapa kawan tuh jalan kaki ke Mexico sana, dari Surabaya, untuk sampe ke HACIENDA ini:

Kenapa gitu? Karena kita kesulitan mendapat petunjuk Ilahi untuk bisa menemukan tempat ini dengan mudah.

Dengan gegap gempita dan PD, beberapa dari kita pada ke TP 6 lantai 5 yang emang lokasi jajaran tempat makan. Tentu, engga nemu.

Aku sedikit lebih cerdas. Aku Googling dong, lokasi Hacienda itu dimana. Disebutkan lokasinya di TUNJUNGAN PLAZA 6 LEVEL 1, SURABAYA. Titik.

Jadi, kita jalandong ke (tempat yang menurut kita adalah) TP 6 lantai 1 dan engga nemu apa-apa. Akhirnya mbuh gimana, muter nyari bagian informasi, dapet petunjuk yang rada emejing (amazing): naik 1 lantai, nyebrang ke sisi sebelah sono (bukan di gedung tempat aku bertanya di bagian informasi), lalu turun lagi 1 lantai, dst.

Petunjuk diikuti dengan benar, namun masih aja engga nemu sampe akhirnya insting bilang “turun lagi” di eskalator paling ujung koridor dan tadaaaa…..

Akhirnya!

Suer, lega banget pas lihat tembok dengan 2 wanita bergaya agak ga mirip Frida Kahlo. Tapi atmosfer mendadak ber-hawa Mexico! Dan paling bahagia deh, pas lihat pintu masuknya hahahaaaa……….

Tips dariku, Hacienda ini lokasinya di dekat lobby masuk TP 6, tetanggaan dengan H & M, juga pintu masuk Hotel Sheraton.

Tempatnya nyaman, temaram dan sejuk disiang hari yang luar biasa panas sekaligus lembab disaat peralihan musim ini:

OK, cenderung sepi tapi saat menjelang malam, suasananya berubah:

Btw, ruangan yang aku foto diatas adalah ruangan non smooking area. Kalau mau merokok, silakan kesebelah ruangan.

Karena kaki lumayan lelah *lebai*, maka kita langsung duduk! Langsung pula buka buku menu:

Btw, yeah ini emang resto Mexico, sodara-sodara. Aku engga familiar dengan makanan negeri Maria Marcedes, jadi ntar yang dipesan adalah makanan – minuman hasil tebak-tebak berhadiah. Kalo hoki, enak. Kalo engga hoki, “agak susah dipahami” rasanya :p.

Ini, TORTILA CHIPS gratisan dai paket beer (beli beberapa botol beer sekaligus bakal bonus 1 snack, boleh pilih: french fries/ tortila chips):

Yang sambal cocol itu, cair dan lumayan pedas. Tortilas-nya engga keraaas, masih aman buat gigi. Aku lebih suka si tortila dimakan dengan rajangan paprika, dll itu. Tapi sesekali dicocol sausnya, OK juga.

Trus, karena mood-nya cuma nyamil, akhirnya pesan lagi deh TORTILA GUACAMOLE yang lebih heboh. Lihat nih, pake ada atraksi masak di sebelah meja makan kita:

Ini lagi bikin Guacamole-nya.

Guacamole adalah makanan tradisional Meksiko yang terbuat dari bahan dasar avokad, ditambah dengan lemon dan garam. Sejarah makanan ini dapat dirunut hingga zaman kerajaan Aztec (taken from here).

Ingredients ala Hacienda, seperti ini:

Trus, pake uleg2 segala loh (dibeberapa tempat lain kadang mereka cuma pakai sendok/ garpu aja untuk hancurkan avocadonya):

Ntar jadinya seperti ini:

Nah, si avocado ini ntar disendok dengan tortila chips gitu deh dan dimakan. OK sih, anak2 bisa makan juga kalo yang ini.

Dari awalnya yang cuma mau nyamil, akhirnya satu persatu mulai pesan makanan. Laper lah! Lha wong kita ngakak, cerita, mikir, ngakak lagi sampe hampir 5 jam. Yang ini, CHICKEN BURRITO:

A burrito is a dish in Mexican and Tex-Mex cuisine that consists of a large wheat tortilla with various other ingredients. It is wrapped into a closed-ended cylinder that can be picked up, in contrast to a taco, where the tortilla is simply folded around the fillings. The tortilla is sometimes lightly grilled or steamed to soften it, make it more pliable, and allow it to adhere to itself when wrapped. A wet burrito, however, is covered in sauce and therefore cannot be picked up. Burrito sizes vary greatly and some can be very large (taken from here).

Yang lebih menarik perhatianku adalah saladnya:

Aromanya segar, menarik. Trus ada pula tuh cacahan avocado. Yang diatas burrito, sepertinya adalah pinapple salsa.

Btw, aku lupa foto bagian dalamnya haha! Didalam bungkusan itu, ada nasi berwarna merah dengan cacahan daging ayam. Mirip nasi goreng dengan tekstur lebih lembek/ moist.

Ini pesananku, TENDERLOIN CUBANO:

Dari sekian banyak makanan yang mampir didepan hidungku, yang satu ini aromanya paling menggoda. Isinya pun menarik, grilled beef dengan aneka sayur, keju. Disajikan dengan salad, cacahan avocado *hidup avocado!!!* dan french fries yang semuanya cakep.

Roti bagian dalamnya dipanggang, cenderung kering karena emang engga berlimpah saus seperti burger/ hotdog, tapi ketika dimakan secara keseluruhan nih, asik aja. Rasa dagingnya rada kurang familiar, tapi masih sangat bisa dinikmati.

Minuman? Ah, ada banyak yang dipesan tapi karena keasikan ngobrol, order-order terakhir engga difotoin. Ada beberapa beer beberapa merk, bahkan kita oplos minuman sendiri (jangan ditiru, haha!):

Ada ORANGE JUICE (bukan pake Jeruk Java yah, tapi mereka pakai jeruk Sunkist), looks good.

Aku sendiri pesan ini:

Hmm, namanya apa yah *lupa*. Ooh iya, FLYING SMICE!!! Ada beberapa varian rasa. Yang ini, LIMA:

Ingredientsnya: Smirnoff Lime – Basil Leaf – Lime – Soda Water.

Pilihan Flying Mice lainnya:

  • FRAMBUESA: Smirnoff Raspberry – Pineapple
  • MANZANA: Smirnoff Green Apple – Apple – Soda Water

Rasa? Ah, Smirnoff gituloh (apalagi ditambah lime). Btw, kalo saranku minta aja extra es batu karena minuman ini banyak ‘isi’ sehingga tidak ada banyak space untuk menambahkan es batu. Padahal, Smirnoff tentu paling enak dinikmati saat dingin.

Ada juga yang pesan ICED TEA, engga perlu di review lah ya.

Btw, karena masih ada beer yang belum dihabiskan, maka beberapa kawan stay lebih lama di Hacienda. Aku dengan beberapa orang pergi sebentar meninggalkan mereka untuk ke TP 1, melihat Panda Box yang lagi nge-hits itu, kemudian tentu saja rencananya balik lagi ke Hacienda.

Guess. KITA NYASAR LAGI, hahaha!!! Dan karena kali ini sudah lelah, setelah ngalur ngidul berjalan mencoba menemukan jalan kembali, akhirnya aku dan kawanku memutuskan untuk berhenti makan di Chir Chir.

Baru kali ini loh, aku engga bisa nemu jalan, sampe berhenti di tempat lain untuk istirahat dan makan (sudah laper lagi karena emang udah jam makan malam)! maksudnya, sambil menunggu kawan yang lain datang dan join untuk makan malam (gile aja, mereka udah di Hacienda sejak sebelum jam makan siang loh!)

Eeh, sampe selesai makan, kok engga ada yang datang ke Chir Chir?! Akhirnya, kita terpaksa mencari jalan kembali ke Hacienda. Kali ini, BERHASIL!!! Ternyata, otakku sedari tadi butuh nutrisi hahaha :p.

Aku juga jadi ngeh, apa yang bikin kita sedari awal salah jalan mulu sampe engga bisa nemuin Hacienda: salah gedung!!! Jadi, Hacienda kan di TP 6 yak, tapi kita tuh muternya di TP 5 mulu @[email protected] Memalukan tenan, secara aku kan tinggal di Surabaya dan aku tahu mana TP 5, mana TP 6, tapi hari itu aku bisa blank dan engga sadar kalo muterrrr kaya orang gila nyari Hacienda-nya di TP 5 *tepok jidat*. Baru setelah makan itulah, aku ngeh.

Astaga……………