Restoran WA (Sidoarjo); Enak, Murah, Ada Menu Bukber 2018

Semalam benernya rencana makan Nasi Capcay-nya Depot Hongkong. Tapi kawan makanku memberi ide lain, di detik-detik akhir. Aku diboyong ke perbatasan kota (halah!), tepatnya ke RESTORAN WA, JALAN WADUNG ASRI 52-54, SIDOARJO:

Kawanku bilang, “Wes laper banget belom? Kalo belom, tak ajak ke Wadung Asri aja, ada restoran aneh, makanannya enak, harganya bagus tapi sepi dan engga tutup-tutup”, alias bertahan dan tetap buka sampai sekarang.

Awalnya aku ragu. Aku bayangin, jauh-jauh ke Wadung Asri (waktu itu aku belom ngeh dimana lokasi Wadung Asri tapi entah mengapa sudah terasa jauh haha), ke tempat makan yang sepi ngglondang, trus gimana kalo makanannya engga se-enak yang kawanku bilang? Bagaimana kalau daging/ sayurnya tidak fresh?

Setelah aku buka pintu masuknya, aku masih bimbang..

Tempat makannya begitu terang dan bersih, tapi beneran.. SEPI. Tidak ada siapapun kecuali kita:

Pegawainya hanya ada 2 saja dan seorang diantaranya memberikanku daftar menu:

Semangatnya bertahan luar biasa. Lihat saja, mereka sudah kasih aku menu Paket Buka Puasa 2018 lho:

Dan kita mulai memesan banyak makanan (perjalanan jauh bikin laper, haha). Ini, SOUP ASPARAGUS KEPITING:

Saat pertama kali lihat soup ini, lalu mencium samar aromanya, apa-apaan ini?! 36ribu, porsinya besar sekali dan aromanya juga OK!!!

Soup ini disajikan dengan kecap asin dan rajangan cabai rawit hijau. Buatku, tanpa kecap asinnya sudah OK, tapi beberapa tetes kecap asin ke mangkok kecil ini, bikin perfect.

Btw, ini daging kepiting asli kah, menurut kalian?

Yang kuning ini, bukan telur kepiting asli lah..

Tapi untuk semangkok besar yang bisa dinikmati sekitar 7-8 orang (seorang 1 mangkok kecil), ini sih murah (36ribu doang, rek!) dan tidak mengecewakan.

Awalnya, aku pengen makan dengan NASI PUTIH saja, tapi di detik-detik terakhir aku berubah pikiran, memesan NASI GORENG AYAM:

Sekilas, seperti Nasi Goreng Jawa, karena diberi taburan bawang goreng. Tapi setelah dimakan, ini Nasi Goreng a’la Chinese kok. Dan aku suka nasi goreng ini! Ada sedikit rasa gosong-gosongnya karena dimasak dengan api besar. Ini adalah menu yang jelas-jelas akan aku pesan ulang!

Dari segala menu, ini adalah yang paling biasa saja, TAMIE CAP CAY:

Engga complain sih, cuman ngarep sayurnya lebih banyak (walau harganya nambah) dan tamie-nya engga pucat haha.

Ini, UDANG SAUS INGGRIS:

Dengan pengetahuanku yang engga sebanyak koki/ juru masak/ orang yang hobby masak, udang yang digunakan sepertinya sudah dibekukan. Rasanya engga manis, seperti udang fresh. Tapi dagingnya masih kenyal baik, aku engga dibuat alergi/ keracunan.

Garis hitam di punggung udang sudah dibersihkan, udangnya matang dengan baik dan sausnya pun enak. Seporsi ada sekitar 10 udang medium dengan kulitnya. Murah sih, karena harganya cuma 48ribu lho.

Yang ini benernya adalah menu pertama yang aku pesan saat masuk ke Restoran WA, tapi datangnya malah yang paling akhir haha. KO LO KEE:

Sausnya kuat dan pekat, disajikan dengan potongan timun dan nanas. Aku juga menikmatinya. Kawanku bilang, ini salah satu Ko Lo Kee paling enak yang dia tahu, aku kurang sepakat. Ada ko lo kee lain yang aku lebih suka, tapi yang ini sama sekali engga mengecewakan.

Porsinya engga terlalu besar, tapi potongan daging ayamnya cukup banyak dan tepungnya engga terlalu tebal. Engga kriuk (aku doyan ko lo kee yang ayamnya kriuk), tapi OK lho ini.

Aku rada engga paham kenapa tempat ini sepi ya? Lokasi? Bisa jadi.

Minum? Kemaren kita cuma pesan 2 macam jenis minuman, ES TEH dan ES JERUK NIPIS. Semuanya diminta disajikan dengan gula terpisah:

Es Jeruk Nipis tuh semacam minuman kebangsaan kalo di Malang *lebai*, begitu di Surabaya, jarang aku nemu tempat yang bisa bikin es jeruk nipis yang menyenangkan. Nah, yang ini OK loh, asamnya pas.

Untuk makanan sebanyak ini (total 5 porsi), tambah 3 porsi nasi + 5 gelas minuman, totalnya cuma sekitar 227ribu saja!!! Jadi, seorang rata-rata 55ribuan saja, itupun sudah kenyang ampun-ampun..

Jadi tertarik untuk datang? Perhatikan jam bukanya ya: