369 Cuisine / San Liu Jiu Cuisine (Surabaya); Beda dari 369 Shanghai Dumplings & Noodle

Kalau 369, pasti banyak yang dengar. Tapi kalau 369 CUISINE / SAN LIU JIU CUISINE, sepertinya tidak terlalu banyak yang tahu(?).

Tempatnya biasa banget, dahulunya tempat ini pastilah bagus dan rapi, namun kini sudah butuh diremajakan. Bagian dalamnya hanya ada 1 ruang makan full AC (bebas asap rokok), tidak terlalu besar dan ternyata cukup ramai di hari Minggu siang:

Menu disini, beda dengan 369 Sanghai Dumplings & Noodle. Mari, dilihat:

Aku sudah sangat lama tidak ke tempat ini, tapi aku masih ingat menu 369 Cuisine / San Liu Jiu Cuisine yang terkenal adalah yang memakai saus Maggie. Jadi, aku pesan seporsi GURAME SAUS MAGGIE:

Guramenya sudah dicabut tulangnya (duri), digoreng dalam balutan tepung, kemudian sajikan dalam keadaan hangat, kriuk, tapi juga bersimbah saus.

Nah, sausnya ini gurih (ada sedikit rasa manis), pekat dan cocok sekali dimakan dengan jenis gorengan seperti ini. Aku sarankan makan menu ini dengan nasi, agar rasanya tidak terlalu ‘kuat’.

Guramenya cukup tebal, bener-bener bebas duri, memuaskan! Dan seporsi ini aja udah cukup sih benernya untuk kita ber-dua hahaha (dan kita masih pesan beberapa menu lain):

Ini kesukaan Mami, UDANG SAUS LOMBOK:

Sekilas, sausnya mirip dengan saus Maggie, tapi rasa sausnya beda. Yang ini ada manis, gurih dan sedikiiit pedas (dari rajangan cabai besar yang dipakai). Aku memang request agar tidak terlalu pedas, karena Mami engga bisa makan makanan pedas.

Yang satu ini, kudu dimakan dengan nasi agar rasanya tidak terlalu kuat:

Udangnya cukup banyak, semua sudah dalam keadaan dikupas, tali hitam pada punggung udang sudah engga ada dan sausnya ini enak lo.

Dasar akunya engga bisa digoda panganan jenis lumpia goreng dan sodara-sodaranya, ada lagi nih seporsi LUMPIA GORENG:

Perhatikan kulitnya yang garing dan kecoklatan, tampak renyah. Lumpia ini disajikan dengan bumbu cocol sejenis taoco:

Setelah dicoba, menurutku lumpia ini kok ya mirip dengan Ngohiong, ya? Yang daging babi cacah dibalut kulit tahu dan kemudian digoreng. Bumbunya pun mirip. Benernya aku lebih ngarep lumpia isi rebung tapi apapun bernama “lumpia”, aku terima hahaha..

Puas? Engga. Aku tamak rupanya. Di musim hujan seperti ini, aku mendadak kok pengen RONDE – KACANG TANAH:

Ada 2 macam ronde, kacang tanah/ kacang merah. Pilihan kacang tanah, bener-bener tepat buatku.

Kuahnya engga terlalu nikmat tapi masih berasa jahenya, kacangnya halus dan manis dengan kulit ronde yang plain dan empuk. Bukan yang terbaik, tapi masih bisa dinikmati ketimbang dengan versi Ronde di 369 Shanghai Dumpling and Noodle:

Ada promo buy 3 pay 2, setiap Senin hingga Jumat.