Laopan (Surabaya); Eh, Enak Juga Haha!

Akuuuu… jarang sekali ke LAOPAN walau banyak orang membicarakannya. Simply karena menurutku engga ada spesial2nya.

Kemudian aku bertemu seorang kawan di Galaxy Mall yang ngotot ajak makan di Laopan, pake puja puji “Enak itu bla bla bla”. OK lah, apa salahnya aku ikuti dia, toh aku sudah lama sekali engga ke Laopan.

Pesan apa? Aku ga tahu. Jadi, aku pasrah saja ke kawanku yang pesan makanan tanpa lihat daftar menu ini haha:

Ternyata, yang datang adalah CHICKEN ROAST:

Aku terpana lihat hidangan ini yang menurutku cantik, haha! Ayamnya dipanggang, kulitnya nampak kecoklatan dan garing, tapi daging ayamnya kelihatan moist.

Mereka ditempatkan diatas rajangan timun, kemudian disiram dengan ‘kuah’ coklat..

Rasa ayam panggang ala Laopan ini menarik! Tidak seperti ayam panggang biasanya yang disajikan dengan bubuk ngohiong/ taoco, yang ini kan sudah bersiram saus ya. Sausnya ada gurih, ada manis.

Ayamnya empuk sekali, mirip ayam rebus walau gelarnya “roasted”. Kulitnya tidak kriuk tapi tidak masalah.

Hidangan yang satu ini jelas lebih enak dimakan dengan nasi, daripada sekedar digado. Aku memilih makan dengan NASI HAINAM, yang wujudnya seperti ini:

Nasinya berasa banget bumbu-bumbunya. Ada rasa kaldu ayam dan jahe, pastinya. Benernya, nasi ini lebih cocok dimakan dengan CHICKEN STEAM yang serupa Ayam Hainam. Jadi, saranku.. kalo pesan Roasted Chicken, makan pakai nasi putih saja, biar rasanya engga tabrakan.

Menu lainnya yang dipesan, TELOR JAIPO:

Engga ada yang salah sih dengan menu ini, tapi hahaha….. melelahkan, karena aku penyet dulu tiap potong yang hendak aku makan dengan tissue (untuk kurangi minyaknya). Minyaknya cukup banyak sih. Rasanya gurih. Dan juga cocok dimakan dengan nasi.

1 lagi menu andalan tempat ini yang bikin aku bela-belain balik karena penasaran:

NASI GORENG SAPI LETTUCE, nama resminya. Nasi gorengnya coklat saja dengan daging sapi, telur orak-arik, juga rajangan lettuce.

Menarik! Lettuce, gituloh. Dan ternyata secara keseluruhan nih nasi goreng, yumm. Gurih. Dan porsinya besar (aku makan 1 porsi ini berdua dengan kawan cowo dan kita cukup dibikin kenyang, tapi engga kenyang2 amat sih).

Jadi, ternyata ada banyak menu yang bisa dinikmati di Laopan. Bahkan aku entah sudah berapa kali balik untuk makan Roasted Chicken/ Steam Chicken dan Nasi Goreng Sapi Lettucenya Laopan.

Kelemahannya 1: kadang Steam Chicken dan Roasted Chicken disajikan tidak dalam kondisi hangat/ panas, jadi kita kudu request & menunggu sedikit lebih lama.