Sop Ayam Pak Min Klaten – Ragil (Klaten); Ini Dia Yang Asli!

Setelah pulang dari Dowa, kita check out hotel dan melakukan perjalanan darat ke Surabaya dengan mobil (karena kepikir mau berhenti lagi di beberapa lokasi wisata).

Karena cape, aku tertidur hingga akhirnya aku samar-samar mendengar sopir bilang ke Mami: “Itu Pak Min aslinya, Bu”. Aku nyaut, “Sudah sampai mana?”. Sopir menjawab, “Klaten”.

Dan ketika aku membuka mata, astaga………. sepanjang sisi kiri jalan dipenuhi orang-orang duduk lesehan (tapi engga semuanya bisa kefoto), makan!! Gilaaa..

Maka aku langsung melek & bilang, “Pak, putar balik”. Yeah!!! Kapan lagi makan SOP AYAM PAK MIN KLATEN – RAGIL yang asli, seasli-aslinya, di Klaten:

Lokasinya tepat di emperan depan kantor Pemerintah Kabupaten Klaten Inspektorat, JALAN MAYOR KUSMANTO 23, KLATEN.

Dan lihatlah sendiri, sebanyak inilah orang-orang yang makan di jam 3 sore (bayangkan saja seberapa banyaknya orang yang makan di jam makan siang?!):

Menu? Sama saja seperti Sop Ayam Pak Min Klaten lainnya. Silakan dibaca:

(Btw, terima kasih banyak deh buat si Bapak yang sampe rela mlungker kaya gitu agar aku bisa memfoto menu makanan Sop Ayam Pak Min Klaten – Ragil).

Dan setelah pesan, aku keliling dong, lihat sana sini. Nih, tempat kuah (pancinya besaaaar banget dan penuh kuah, trus dibawahnya ada kompor menyala, aku sempat khawatir mendekat karena bayangin tuh panci ngguling karena kayu penyangganya engga kuat). Ada juga mangkok-mangkok berisi nasi yang siap didistribusikan:

Disampingnya, ada seorang Bapak bawa pedang pisau besar, sibuk motongin daging ayam dan menempatkannya pada mangkok-mangkok yang berjajar dan bertumpuk-tumpuk:

Yeah, segitu banyak dan bakal abis, sodara-sodara. Isinya macam-macam, sesuai permintaan/ menu.

Ini, SOP AYAM PAK MIN – PAHA pesananku:

Kuahnya bening, ada rajangan hmmm.. kucai deh itu kayanya. Daging ayamnya cukup banyak dan dipotong kecil-kecil beserta tulangnya, seperti ini:

Aku bukan penggemar Sop Ayam Pak Min Klaten & berharap makan Sop Ayam Pak Min Klaten di tempat aslinya bisa merubah penilaianku. Tapi ternyata memang begitulah, rasa Sop Ayam Pak Min Klaten. Didominasi dengan rasa pala, sedikit merica dan garam pada kuah kaldu ayamnya.

Menambahkan sambal tidak akan mengurangi dominasi rasa pala pada kuah kaldu..

Oh ya, ada gorengannya juga nih buat tambahan lauk:

Btw, kenapa ada nama “Ragil”? Kata beberapa orang, nama “Ragil” ini jadi jaminan kalo nih tempat adalah si Sop Ayam Pak Min asli.

Yang pasti, Sop Ayam Pak Min Asli Klaten di Jalan Mayor Kusmanto ini sudah dikonfirmasi beberapa orang, kalo benar.. inilah yang asli seasli-aslinya :).