Warung Soto Pak Marto (Yogyakarta); Soto Sapi, Nih..

Tanteku, yang 2 hari lebih lama daripada aku dan sepupu lain, kata sopir kita nih setiap pagi cari “Soto Taman Sari”. Bahkan selama aku di Yogyakarta, dia selalu pergi pagi dengan sopir, meninggalkan aku yang prefer breakfast di hotel. Buat apa? Ya buat ke “Soto Taman Sari”!!

Sayang, Tanteku kurang beruntung, “Soto Taman Sari” tutup setiap kali dia datangi. Tapi semangat Tante yang satu ini emang ciamik, sampai hari terakhir kita di Yogyakarta dia masih nyoba ke “Soto Taman Sari” itu loh! Dan kali ini aku penasaran. Aku ikut. Dan tadaaa..

BUKA!!!! Hahahaha..

Eh tapi kok namanya WARUNG SOTO PAK MARTO? Ah, singkat kata “Soto Taman Sari” adalah nama yang Tanteku kasih sendiri (karena lupa nama aslinya). Untung saja sopirnya paham & setelah tahu nama aslinya pun, masih aja disebut “Soto Taman Sari”. Entah kenapa gitu, padahal lokasinya di JALAN  S. PARMAN 44, YOGYAKARTA, jauh dari Taman Sari haha (ponakannya bingung).

OK, lupakan.

Tempat makan Warung Soto Pak Marto tuh seperti ini:

Dan kemudian diperluas di belakang, jadi seperti ini:

Dan berikut, daftar menunya:

Seperti biasa, aku menjelajah sambil menunggu aku intip-intip dapur. Mereka cukup welcome sih, aku intip2. Ini, dagingnya:

Dan daging itu nantinya dipotongin sampe jadi porsian seperti ini:

Ini pesananku, daging dan lidah yang ternyata disajikan terpisah, engga didalam mangkok sotonya:

Trus, sotonya sendiri sudah ada dagingnya dan kelihatan empuk ya..

Kuahnya bening, warnanya engga kuning (di Jawa Tengah kayanya yang namanya “soto” tuh engga ada yang warna kuning kaya di Jawa Timur deh). Kalo di Surabaya, yang model beginian kayanya lebih cocok disebut sop daging gak sih?

Ada rajangan kubis dan tomat, juga daun bawang dan seledri. Seger! Kuahnya pun ada gurihnya (aku sempat kuatir ini kuah manis banget seperti kebanyakan masakan di Yogyakarta pada umumnya). Tambahkan sambal dikit, kalo mau rasanya lebih meriah:

Tapi…… yang terpenting adalah kecap ini, sodara-sodara!!!

Buatku soto-nya biasa aja sih, ya sop daging gitulah. Tapi begitu ditambahkan kecap ini, lha.. kok jadi enak??! Gosip bahwa kecap manis isinya adalah MSG doang, kayanya bener.. haha :p.