Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa (Yogyakarta); Klasik..

Perjalanan ke Yogyakarta kali ini singkat saja dan aku engga ada tujuan/ target apapun kecuali ke Museum Sonobudoyo (tahu diri soalnya pergi dengan keluarga haha). Untungnya, kita menginap di SHERATON MUSTIKA YOGYAKARTA RESORT & SPA, JALAN LAKSDA ADISUCIPTO KM 8.7, YOGYAKARTA.

Hotel ini tentu saja bintang 5 dan luas dengan segala fasilitas menarik yang beberapa diantaranya bebas digunakan untuk tamu menginap. Jadi, kalau pun tidak kemana-mana, berdiam di hotel ini saja sudah cukup menyenangkan.

Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa adalah hotel dengan bangunan yang unik. Lobby berada di lantai 7, sedangkan tempat menginap dll ada dibawahnya:

Jadi, tempat menginapnya tuh kaya’ dibawah tanah (aslinya di tepi tebing) tapi terbuka seperti ini:

Bangunannya semi terbuka pada beberapa bagian, bukan full tertutup seperti hotel modern pada umumnya. Jadi, kita bisa merasakan panas/ dingin/ lembabnya udara kota Yogyakarta saat berjalan di koridor dari/ menuju kamar atau lift:

Bukan hotel anyar, emang. Tapi Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa terus melakukan peremajaan. Saat aku kesana, mereka sedang mengecat ulang seluruh tembok dan pagar besi, juga melakukan maintenance pada beberapa escalator. Jadi, soal keindahan dan kerapiannya sih jelas terjaga..

Yang repot adalah akses masuk dari pakiran/ tempat drop penumpang ke lobby. Kudu naik turun tangga sebanyak ini:

Kalau kaki muda sih engga apa, masalahnya kalo untuk Mami yang dengkulnya sudah kalah dengan waktu, ini sangat menyulitkan. Sebenarnya ada escalator pendek dibagian samping, namun seperti yang aku tadi bilang, si escalator lagi diperbaiki sehingga tangga inilah satu-satunya akses untuk datang dan keluar.

Lobbynya terbuka, luas dan ada foto BRAy Hj. Mooryati Soedibyo saat muda:

Beliau adalah pemilik Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa. Maka, Spa di tempat ini jelas-jelas menggunakan produk Mustika Ratu yang terkenal itu. Sayang, belum sempat mencoba tapi servis mereka sepertinya akan jempolan.

Kita kebagian kamar di lantai 3, dengan room view seperti ini:

Suasananya cukup tenang dan sepi, kadang saja ada suara anak-anak main air dari area kolam di pagi/ sore hari. Selebihnya, berasa seperti pemilik hotel haha *lebai*.

Aku lupa foto kamarnya. Luas! Bisa dipakai untuk ber 4-5 orang (eits, jangan disalah-gunakan :p). Berlantai marmer dan seluruh fasilitas berfungsi baik. Perlengkapan mandi, minum minuman hangat dll semuanya tersedia dengan bersih dan rapi.

Untuk sarapan, tersedia sejak jam 7 hingga jam 10 pagi dan ramai sekali (mungkin karena pas weekend):

Ada sangat banyak pilihan makanan yang berganti (3 hari menginap disana, menunya tidak ada yang sama). Mari, dilihat sendiri beberapa makanan yang bisa jadi pilihan untuk sarapan pagi:

Komplet, dari makanan tradisional (yeah *thumbs up!!!*) sampai makanan internasional. Aneka keju berjajar, buah lokal dan import, soto hingga cream soup, semua ada. Karenanya, aku langsung paham mengapa tempat ini ramai sekali setiap jam sarapan <3. Apalagi, makanan di tempat ini bisa dibilang enak..

Tempat makannya, ada yang indoor:

Dan ini yang outdoor:

Kalau misalnya engga ada yang merokok di bagian outdoor, benernya menyenangkan makan di bagian luar. Dapet sinar matahari pagi, soalnya!

Secara keseluruhan, ini tempat istirahat yang OK banget lah, suasana tenang, bersih, kamar luas dengan semua fasilitas berfungsi baik, pelayanan sempurna, makanan yang enak, plus fasilitas shuttle car menuju/ dari area Malioboro tiap 2 jam.

Masalahnya, lokasi. Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa ini letaknya di pinggiran kota. Satu-satunya lokasi yang dekat dengan Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa adalah bandara! Ke Candi Sewu aja 8km, rek. Dan Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa lokasinya di jalanan maha padat merambat.

Jadi, selama kita di Yogyakarta kemaren, mau kemana pun kudu berjam-jam lamanya. Dari Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa ke Keraton saja 1 jam lebih, belum lagi ke lokasi-lokasi lain.

Seorang Tante sampe bilang, “Ingetin, kali lain jangan di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa”, haha! Tapi kalo orang2 ditanya, hotel apa yang OK di Yogyakarta, salah satu yang akan direkomendasi ya tempat ini sih..