Bebek Kayu Tangan/ BKT (Surabaya); Bebek Kremes

Ini juga tempat yang sudah sangat lama engga aku datangi, BEBEK KAYU TANGAN (BKT), di JALAN BRATANG GEDE 68, SURABAYA:

Wow! Tempat makan, meja-kursi, kipas angin, kasir dan penggorengannya masih sama. Bahkan aku yakin, aku masih menatap cat tembok yang sama dengan kunjungan terakhirku (alias nih tempat engga di cat bertahun-tahun, haha!):

Secara keseluruhan, tempat ini menurutku nampak sangat kotor (coba deh lap meja makan kalian) dan (tambah) suram. Pemiliknya masih dibelakang kasir, tapi lebih sering untuk menonton TV (lebih tepatnya: ditonton TV, karena tertidur, hehe). Semoga sehat dan panjang umur, lah.

Berikut adalah daftar menu terbaru Bebek Kayu Tangan:

Menunya memang cukup banyak, tapi ada 1 menu wajib pesan. BEBEK GORENG!

Ini adalah menu utama yang membuat orang mau bela-belain datang di tempat makannya yang terletak didaerah padat dan susah parkir (mobil).

Bebeknya berbeda dengan kebanyakan bebek goreng yang dijual di Surabaya. Bukannya menyajikan dengan bumbu kuning (minyak bebek), Bebek Kayu Tangan ini bentuknya garing gurih dengan kremesan!

Potongannya cukup besar, nih:

Dan jangan lupa pesan jerohan gorengnya juga:

Nantinya, seperti ini wujud dari seekor bebek goreng lengkap dengan jerohannya:

Bebek ini empuk, gurih. Kulit luarnya emang istimewa, garing banget tapi daging bagian dalamnya moist. Tapi menurut memoriku yah, kok nih bebek lebih enak yang versi duuuuuulu? Jaman aku masih sering makan di BKT? Yang sekarang kaya’ kurang gurih, tapi masih enak sih.

Bebeknya bisa dimakan begitu saja & sudah enak, tapi kalo aku sih lebih prefer makan si bebek dengan nasi putih hangat, sambal, juga kecap manis!

Btw, kaya gini nih seporsi NASI PUTIHnya:

Nasi Puithnya disajikan bersama dengan lalapan sederhana (timun, kemangi, daun kol dan sekarang ada rajangan mangga muda segala <— efek bebek ala Madura), plus kremesan:

Ada 2 macam sambal, nih. Yang ini, yang pedas (warnanya cenderung orange):

Yang ini, yang engga seberapa pedas (warnanya cenderung merah):

 

Buka setiap hari (kecuali Minggu) jam 11am – habis, tapi biasanya selepas jam 8pm besar kemungkinan bebek gorengnya sudah habis.