Depot Mie Sawahan (Malang); Nah, Ini Legend Juga Sih.. Haha!

Depot Mie Sawahan (Malang); Nah, Ini Legend Juga Sih.. Haha!

Kalau kemaren bahas Chinese food legend-nya Malang, yang satu ini juga engga kalah legendaris benernya. Namanya, DEPOT MIE SAWAHAN, di JALAN YULIUS USMAN 15B-C, MALANG.

Bedanya, yang ini identik dengan cwie mie (pangsit mie ala Malang gitu deh), secara ownernya masih sodaraan dengan Mie Gloria yang tenar seantero jagad cwie mie, sebagai penghasil mie paling tenar se-Malang-raya. Bahkan ketika aku masih di Malang, aku paling suka makan CWIE MIE-nya si Depot Mie Sawahan ini, daripada Gang Jangkrik dll. 

Cwie Mienya tuh pake mie yang baik, warnanya kuning pucat,

Ada makanan apa aja selain Cwie Mie? Yuk mari, simak menunya:

Ssayang, pas kunjungan kali ini Cwie Mie-nya malah engga kefoto karena keburu dimakan. Tapi makanan lainnya bisa diselamatkan (alias terfoto), kok.

Ini, BAKMIE GORENG:

Mie goreng model kaya itu, khas Malang banget deh. Mie-nya pipih kecoklatan dan biasanya disajikan agak nyemek (sedikit berkuah). Tapi yang versi Depot Mie Sawahan, engga nyemek. Gurihnya bumbu (kalo mau kahat sih bilangnya “MSG” :p) dan manisnya kecap ‘menikah’ sempurna di makanan ini.

Karena perginya dengan dokter, karbohidrat kudu dikurangi dan sayurnya nambah! Maka, ada menu Ca Sawi Polos hadir di meja hahaaha (ga banget kalo model beginian adalah pesananku):

Oh, PANGSIT GORENG is a must!

Kulitnya lihat deh, kering banget gitu. Tipis, renyah, dijamin kriuk. Isinya ada yang ayam dan babi, secara penampilan luar sih engga ada bedanya. Dan benernya, ada saus asam manisnya gitu sih tapi engga kefoto (kalo makan dengan keluarga emang rada rempong, mereka ga ada yang tahu kalo aku punya blog makanan, jadi ya gitu deh…).

KO LO KEE:

Bukan yang bisa dibilang uuuenak sih, biasa aja (tepungnya pun cuma pake tepung terigu biasa, engga seberapa kriuk), tapi menu ini hampir dipastikan selalu hadir di meja makan keluarga kita (mungkin karena dulu mereka pikir anak-anak bakalan suka, kan ayam dan saus manis tuh komposisi aman buat anak2, lalu.. bablas deh sampe sekarang).

NASI GORENG MAWUT jadi pilihan kali ini:

Asli semrawut ya, haha! Ada mie, potongan daging ayam dan babi (bisa request tanpa babi sih), sayur, telur. Nasinya cenderung warna putih kecoklatan dan rasanya gurih.

FU YUNG HAI, nih:

Telur dadar raksasa dengan sayur dan daging kepiting, disajikan langsung dengan saus asam manis yang diberi kacang polong (biasanya nih di Malang emang Fu Yung Hai pakai kacang polong). Gurihnya telor dipaduin dengan manisnya saus, trus makannya dengan nasi putih hangat/ nasi goreng, idih.. sedap!

Dan ini menu andalanku, kalo engga makan rame-rame:

NASI CAP CAY. Alasannya? Praktis, ada sayur, daging, juga nasi sekaligus. Aku suka yang versi Depot Mie Sawahan karena ada baksonya tuh, selain hiwan (bakso ikan).

2 menu yang wajib pesan kalo lagi kesini, ya si Nasi Cap Cay dan Cwie Mie.