Soto Ayam Pakelan (Surabaya); Cabang Kediri

Hehe, kali ini dapat rekomendasi dari beberapa kawan nyokap. Karena mereka emang asalnya dari sekitaran Kediri, maka ujung-ujungnya ya ke makanan Kediri. Soto Ayam Pakelan, tepatnya. Tapi ini yang cabang Surabaya, ya:

Tempat makannya terbuka, tanpa kipas angin dan AC (horror kayanya kalo kesini siang2 pas Surabaya panas), engga bebas asap rokok juga:

Monggo, disimak menu makanannya:

Ah, karena namanya saja sudah “Soto Ayam Pakelan”, maka aku pesan seporsi Soto Ayam (Sotoan/ Tanpa Nasi):

Kalau Soto Ayam doang, tanpa nasi, sotonya tuh pepak (baca: komplet). Ada suun basah, 1/2 telur rebus, keripik kentang, suun goreng, bawang goreng, rajangan daun seledri, kecambah muda mentag, bawang putih goreng, semuanya kruntelan di mangkok bareng kuah dan potongan daging ayam.

Nah, kalo pesan Soto Ayam Pisah (maksudnya kuah dan nasi terpisah), penampilannya polos kaya gini:

Isinya, seperti ini: Ada suun basah, rajangan daun seledri, kecambah muda mentah, bawang putih goreng didalam mangkok soto, lengkap dengan kuah kecoklatan yang lumayan kental/ juga rajangan daging ayam.

1/2 telur rebus, keripik kentang, suun goreng, bawang gorengnya engga dikuah, tapi ditaruh di piring nasi:

Kuahnya tuh warnanya kecoklatan, beda dengan soto kebanyakan di Surabaya. Kelihatan keruh, banyak bumbu dan gurih. Isinya cukup banyak, disajikan hangat dan udah OK tanpa perlu ditambahin kecap manis lagi. Engga ada bubuk koya, ya. Adanya bawang putih goreng. Kebayang kan sedapnya soto yang pakai banyak bawang putih goreng?

Kalau mau nambah menu tambahan, misalnya telur muda/ brutu/ jerohan ayam, semuanya akan disajikan terpisah seperti Brutu Ayam ini misalnya:

Biar lebih rame, aku pesan 1 Perkedel Sayur (ada opsi Perkedel Daging juga):

Sambal? Ada, dong! Juga kecap manis..

Mari, yang mau coba Soto Ayam Pakelan – Kediri, baik yang di Surabaya atau pun Kediri, catat alamatnya:

  • Jalan Untung Suropati 1-3, Kediri
  • Jalan Walikota Mustajab 19, Surabaya

Yang di Surabaya buka jam 7am, ya. Cocok buat yang cari sarapan 🙂