ALL, FOODICTIONARY

Surabaya Patata (Surabaya); Hmm..

Aku sempat kaget luar biasa lihat manusia antri seperti ular tangga di Jalan Dharmahusada 187, Surabaya beberapa bulan yang lalu, yang ternyata usut punya usut nih, demi Surabaya Patata! Apa pula itu, Surabaya Patata??? <— asli ga kenal sebelumnya.

Ternyata, Surabaya Patata adalah makanan yang di klaim oleh pihak tertentu sebagai “Makanan Khas Surabaya”, aaaih…… *keplok-keplok*. Khas mananya? Paling sebel dengan jenis panganan yang model gini. Mentang-mentang modal besar, mampu sewa artis yang bersedia nama dan wajahnya dibeli sebagai pemilik abal-abal, lalu bilang “Iniloh makanan khas kota X”. Mpret! Sorry, saya bukan blogger bayaran, jadi ngocehnya suka2.

Dan, iya. Surabaya Patata ini sejenis makanan yang pake artis sebagai model. Yang ‘beruntung’ jadi pemilik Patata adalah Oki dan Ria (btw siapa itu Ria, kok aku blas engga pernah denger namanya *udik kebangetan*, kalo Oki kenal dari kasus imunisasi anak baru2 ini), haha!

Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis adalah dua kakak adik yang terkenal sebagai publik figur tanah air. Oki Setiana Dewi sendiri dikenal sebagai pemain film dan ustadzah yang kerap mengisi acara-acara tausiyah baik di layar kaca dan bahkan luar kota. Sementara sang adik, Ria Yunita atau lebih akrab disapa dengan Ria Ricis adalah seorang selebgram dan Youtuber dengan jumlah subscribers mencapai lebih dari 700.000 subscriber! Meski tampak memiliki karakter yang jauh berbeda, namun dua bersaudara ini terlihat sangat kompak dan saling mendukung dalam segala hal terutama pekerjaan. Selain menjadi selebritis dan Youtuber, kedua kakak beradik yang memiliki wajah mirip ini pun juga merambah dunia bisnis. Bermula dari sang kakak yakni Oki Setiana Dewi yang mulai melakoni bisnis baju muslimah dan busana pengantin, Ria Ricis pun akhirnya membuka bisnis clothing line dan bahkan memiliki brand parfumnya sendiri. Kesibukan masing-masing diantara mereka yang menyita waktu, membuat mereka berdua jarang berkumpul. Sehingga muncul ide untuk membuat bisnis bersama-sama (taken from here).

OK OK, singkat kata.. ada beberapa varian Surabaya Patata:

  • Nutella Patata
  • Banana Peanut Patata
  • Black Patata
  • Greentea Patata
  • Cheese Patata

Konon yang paling laku adalah Banana Peanut Patata:

Rasa? Biasa. Bukan yang uuuuuuuenak sampe bikin rela antri mengular berjam-jam. Engga bikin kapok (secara aku beli tanpa antri dan bisa dimakan), tapi…… ini biasa aja. Sungguh. Trus kalo ada yang muji pake sumpah2 itu, hmmm.. mbuh lah. Ga mudeng.

Kue ini kaya bolu, konon bahan dasarnya adalah kentang dan dibagian tengahnya ada cream(?) dengan rasa pisang. Bolunya juga rada ‘mrotol’ (tuh remahannya kemana-mana) dan yang unik, nih Banana Peanut Patata aku makan di……… Aceh!!! Hahahahaha :p.

Ceritanya nih, flight kita ke Aceh tuh pagi dan pada belum sarapan. Walau ntar naik Garuda dan bakal dapat makan, tapi demi keamanan kok kayanya lebih baik beli sesuatu untuk dimakan di perjalanan. Ada beberapa pilihan di airport Juanda, namun karena Surabaya Patata tampak sangat sepi, kepikirnya “Kapan lagi beli Surabaya Patata ga pake antri?”. Jadi, beli deh. Dan ya begitulah. Cukup sekali :p.

Outlet lain:

  • Stasiun Gubeng Baru, Surabaya
  • Stasiun Pasar Turi, Surabaya
  • Airport Terminal 2, Surabaya