Pantai Lhoknga (Aceh Besar – Aceh); Mudah Dicapai!

Aku sempat merasa ‘kehabisan’ objek wisata di Banda Aceh padahal waktu itu matahari masih bersinar terang. Bukannya Googling, aku lagi-lagi pasrah ke sopir *hai, Bang!* dan kemudian mobil diarahkan ke Pantai Lhoknga, Aceh Besar, Aceh..

Kirain bakal melalui jalanan berkelok sepreti kita-kita kalau mau ke pantai di Jawa (Timur). Ternyata engga! Untuk menuju Pantai Lhoknga dari Banda Aceh, jalanannya datar dan halus mulus. Mobil sengaja dipacu santai, cuma 30km/ jam, aku ngobrol dengan si Abang sopir dan tiba-tiba saja mobil belok ke deretan warung semi permanen (yang engga aku foto *why oh why!*). “Sudah tiba, Kak”. Ah, ini Lhoknga?

Aku cuma perlu berjalan 10-15 langkah dari mobil, melewati celah antar warung-warung itu dan tadaaa..

Oooh wow? Cantiknya!!!

Aku tiba saat air lagi surut sehingga pasirnya bisa dipakai pengunjung untuk main sepak bola! Beberapa sibuk sekedar lari-lari sore dan beberapa lainnya ..

Disisi kiri, ada beberapa orang bermain pasir, ayunan atau sekedar berendam di air sungai yang ujung-ujungnya ke Pantai Lhoknga juga..

Di kejauhan nampak pipa panjang dari pabrik semen yang posisinya berseberangan dengan Pantai Lhoknga:

Dan ini daerah pertemuan sungai dengan pantai (bikin inget Pantai Balekambang di Malang Selatan, rek):

Lihat deh, ada cewe pakai celana pendek berendam di air…

Ya emang engga ada apa-apa! Kan emang lagi main di pantai..

Katanya, nih pantai kalo lagi pasang, akan ada banyak orang yang berselancar karena ombaknya asik. Kalau lagi sepi gini, enak banget buat main air, jalan-jalan/ olah raga santai, atau sekedar duduk makan dan bercengkrama bersama teman/ keluarga.

Pantai ini pasirnya engga putih sih, kecoklatan dan rada kotor di daerah parkiran. Tapi begitu daerah warung-warung terlewati, bersih kok dan cukup menyenangkan, apalagi lokasinya dekat banget dari Banda Aceh dengan akses jalan yang OK.