Martabak Bangka Bang Willy (Banda Aceh – Aceh); Beda dengan yang di Jawa, Nih!

Waktu berputar didaerah sekitar Masjid Baiturrahman, Banda Aceh, aku melihat ada penjual Martabak Bangka Durian Bang Willy ini:

Langsung deh kepikir beli! Secara inilah tempat paling dekat dengan Bangka hahahaha *mekso*. Duriannya apalagi. Jadi, aku pesan beberapa Martabak Bangka dan ditawari apakah aku mau beli versi yang sudah jadi ini:

Ya, kalo dilihat-lihat nih, penjual Martabak Bangka (alias Terang Bulan/ Martabak Manis) di Banda Aceh emang punya beberapa tumpuk Martabak Bangka siap jual. Tapi karena aku pengen fotoin proses bikinnya, maka aku request untuk dibuatkan yang baru saja..

Eh, kalo kalian pesan Martabak Bangka dengan topping (ada campuran) kacang, kacangnya tuh ditaruh di atas adonan saat masih agak basah diatas wajan loh (di Jawa kan baru diberi topping saat sudah keluar dari loyang):

Pilihan toppingnya lumayan banyak sih:

  • Coklat
  • Kacang
  • Keju
  • Selai (stawberry, blueberry, dll)
  • Durian
  • Mix (request saja)

1 loyang dengan topping C oklat doang: Rp. 12.000 saja. Coklat-kacang, Rp. 13.000. Sedangkan yang durian: Rp. 20.000.

Sekilas sama dengan versi yang di Jawa (selain ukurannya yang mini)? Wkwkwk, tunggu dulu. Lihat nih..

Yeaaaah, ada seloyang lagi yang ditumpukkannn!!! Wkwkw baru kali ini rek, lihat terang bulan model begini walau ntar penyajiannya sama saja dengan yang di Jawa:

Rasa?

Martabak Bangka (alias Terang Bulan/ Martabak Manis) ini cenderung kering dan ‘sehat’ dibandingkan dengan versi serupa di Jawa. Lha wong loyang yang kedua, sama sekali engga dikasih mentega-butter-susu. Loyang bagian bawah pun engga diberi banyak butter, jadi tanganku engga berminyak gitu deh saat memakannya.

OK aja sih, walau ‘kurang berdosa’ secara kalori hahahaha! Kurang manis (karena susu yang dipakai pun sedikit) tapi empuknya ok, toppingnya ok, sizenya pun ok.