Sop Jono (Tulungagung); The Best Chicken Soup Ever!!! *trust me*

Yuhuuu, hwuehkhauaa.. aku semangat sekali mau review yang satu ini. Sop Jono!

Seperti yang sudah aku tulis di judulnya, this is the best chicken soup ever! Orang Ambon bilang, seng ada lawan! Orang Jawa bilang, mboten enten saingane (bener ga?), wakakakk. And no, I’m not Jono’s daughter. Jadi ini bener2 dipuji sedap dan nikmat karena memang begitulah rasanya. No KKN, geto.. *halah*.

Sop Jono ini, sudah ada jaman Mamiku masih anak-anak. Dulu, Mami bersaudara, sering diajak Opa makan disini. Bablas deh, sampe sekarang.

Dan setiap kali bicara soal si Jono ini, selalu ada perdebatan (ga penting) mengenai kata “sop”. Mamiku, bilang makanan ini adalah soto. Sedangkan aku ngotot, ini adalah sop. Tapi Mamiku sebenernya juga engga salah-salah amat, karena Sop Jono ini memang mirip soto ayam pada umumnya:

Isinya, ada nasi *ya iyalah*, su’un, potongan daging ayam (bisa request jerohan loh *grin*), taoge segar dan perkedel, yang ‘disusun’ di meja unik ini:

Setelah itu, si Ibu penjual akan memberi bumbu ‘rahasia’ (tidak seorangpun tahu apa ingredientsnya):

Setelah itu, barulah semuanya disiram dengan kuah panasnya yang dibuat tanpa menggunakan MSG itu, ohooo:

Terakhir, bawang goreng dan potongan daun kucai segar ditaburkan diatas kuah panas itu, ugh.. beneran perrrrfect!

Pelengkapnya, wah.. bwuanyak sekali! Mulai dari kerupuk rambak kebo (kerupuk yang dibuat dari kulit kerbau), ketjap manis tjap Kuda (is a must, karena beda kecap, beda rasa), sambal, garam, MSG (yeah.. karena kuah Sop Jono bebas MSG!), telur rebus, juga kacang tanah goreng. OMG, I’m drolling!!! T_T. 

Kebiasaanku pesan Sop Jono: nasi dan kuahnya dipisah, dagingnya daging dada ayam. Plus su’un, sepotong perkedel, seporsi rambak kebo yang kecil2 potongannya, lalu saat mau makan.. kuahnya aku tambahkan sedikit kecap, sambal dan garam lagi. Biar makin meriah *halah*, biasanya aku tambahkan kacang goreng sekalian (yang dikemas dalam kemasan kertas berbentuk contong). Wuih.. Perfect!!!

Minumnya? Es jeruk nipis, 2 gelas *nyengir*, wakakkk!

Dan tempat ini sangat amat direkomendasikan karena selain bener-bener enak, sop seperti ini beneran engga pernah aku temukan ditempat lain. Bahkan di Tulungagung sendiri.

Makanan lain yang khas Tulungagung yang kudu didatangi juga adalah tahu lontong (sambil minum es kelapa mudanya Pak Kusno).